Penjelasan NFC Lengkap dengan Kegunaannya

Saat ini ada banyak sekali fitur-fitur canggih yang disematkan pada smartphone. Seluruhnya dirancang khusus untuk membantu para penggunanya.

Salah satu fitur yang kini banyak jadi buruan adalah NFC. Meski kini banyak disematkan, ternyata masih ada juga yang belum paham dan mengerti tentang fitur yang satu ini.

Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari near field comnunication. Fitur ini berguna untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lainnya yang juga dibekali dengan NFC.

Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal.

Fitur ini pertamakali dikembangkan pada akhir dekade 1990 hingga awal dekade 2000-an. Semakin berkembangnya teknologi, kini NFC sudah banyak disematkan pada smartphone.

Kegunaan NFC

Setelah mengetahui apa itu NFC, kurang pas rasanya jika tidak tau tentang kegunaan dari fitur yang kini banyak disematkan pada smartphone ini, sebenarnya apa sih kegunaan NFC? Seperti ini kegunaannya:

1. Cek Saldo

NFC memang sangat membantu untuk transaksi digital. Oleh karena itu NFC bisa diandalkan untuk mengisi dan mengecek saldo kartu uang elektronik, kabar baiknya kini ada beberapa bank yang sudah mendukung NFC.

2. Melakukan Pembayaran

Bukan hanya cek saldo atau mengisi saldo saja, NFC juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dengan aman. Kalian bisa menyimpan informasi tentang kartu kredit di beberapa aplikasi yang mendukung NFC seperti Paypal.

Dengan demikian, kalian bisa melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan NFC pada smartphone dengan terminalnya.

Kalian tidak perlu lagi repot-repot memasukan kartu dan memasukan pin untuk bertransaksi. Jangan ragukan lagi keamanannya, dijamin sangat aman.

Kabar baiknya, kini ada banyak market place yang mendukung pembayaran dengan NFC.

3. Memasangkan Dua Gadget

Bukan hanya bisa memudahkan kalian untuk mengurus transaksi. Fitur NFC juga bisa membantu kalian untuk menghubungkan dua gadget (dengan fitur NFC) layaknya bluetooth.

Saat ini ada beberapa gadget yang sudah mendukung fitur NFC. Contohnya seperti kamera DSLR, headphones dan masih banyak lagi lainnya.

4. Mengirim Data

Bukan hanya sekedar memasangkan Dua Gadget saja. Kini NFC juga bisa digunakan untuk mengirim data, saat ini ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kalian untuk mengirim data melalui NFC.

Dengan demikian, kalian tinggal menempelkan smartphone, tak lama kemudian data akan terkirim. Pada awalnya, NFC hanya bisa mengirimkan kontak saja, tapi kini sudah bisa mengirim file.

5. Kunci Keamanan

Mengingat perkembangan teknologi sangatlah cepat, NFC yang awalnya hanya digunakan untuk transaksi kini dikembangkan menjadi kunci kemanan. Dengan demikian, kalian hanya perlu menempelkan sensor NFC pada kunci keamanan yang bisa digunakan di rumah, mobil dsb.

Bank yang Mendukung NFC

NFC bisa digunakan untuk melakukan pembayaran kartu debit dan kredit. Selain itu, NFC juga bisa digunakan pada kartu pembayaran elektronik, contohnya seperti Flazz dariu BCA, E-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari BRI serta TapCash dari BNI.

Seperti itulah penjelasan tentang apa NFC lengkap dengan kegunaannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis kolom komentar ya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *