Kemkominfo Bantah Blokir IndoXXI ?

Ditutupnya indoxxi menyisakan duka bagi para pengunjungnya. Pasalnya selama ini indoxxi dianggap membantu masyarakat yang ingin menonton film.

Saking banyaknya orang yang kecewa dengan ditutupnya indoxxi, banyak sekali netizen yang menyerang akun media sosial Kemkominfo.

Menteri kementerian komunikasi dan informatika Johnny G. Plate mengakui bahwa Kemkominfo tidak melakukan pemblokiran terhadap situs Indoxxi.

“Tidak (diblokir), salah juga terminologinya. IndoXXI menyadari bahwa mengedarkan film-film legal itu tidak boleh dan mereka melalui inisiatif sendiri untuk menutup streaming itu,” ujar Johnny G. Plate.

Sang menteri juga menghimbau kepada pemilik situs serupa untuk tidak menyediakan layanan streaming film ilegal. Beliau juga menghimbau agar situs streaming film memiliki izin yang jelas.

“Kami berharap yang streaming, aplikasi-aplikasi atau platform lainnya juga mengikuti jejak yang sama yaitu mengedarkan film-film, lisensi, dan izin yang jelas” ucapnya.

Johnny G plate juga menghimbau masyarakat untuk tidak membiasakan diri untuk menonton film ilegal karena ini bisa merugikan industri film tanah air.

Bukan itu saja, ini juga bisa mencoreng nama Indonesia sebagai negara yang kerap membajak karya atau kreasi di ruang digital.

Permasalah indoxxi berawal dari survei YouGov. Survei itu menyatakan bahwa 63 konsumen Indonesia menonton film dari situs torrent.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa situs Indoxxi menjadi situs terpopuler yang digunakan oleh 35 persen pengguna.

Sejak saat itu Kemkominfo bertekad untuk memberantas para pelanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pada 2020.

Tak lama kemudian, tepatnya 24 Desember lalu, Indoxxi memberikan pengumuman bahwa situsnya akan berhenti beroperasi pada 1 Januari 2020.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *